Info Seputar Uang

Mengapa Uang Rupiah Kertas Tidak Rusak Saat Terendam Air?

Pernahkah Anda lupa tidak mengambil uang kertas yang Anda taruh dalam saku baju atau celana Anda?, apa yang terjadi dengan uang kertas itu saat Anda menemukannya kembali dalam pakaian yang telah direndam dalam air dan deterjen seharian?, adakah uang tersebut rusak atau sobek?.
Mengapa Uang Rupiah Kertas Tidak Rusak Saat Terendam Air?
Uang kertas ternyata memiliki ketahanan yang luar biasa, tak hanya tetap utuh saat ia ikut terendam dalam air, dicuci, diperas dan bahkan hingga kembali kering bersamaan dengan pakaian yang kita jemur. Ini tak lain karena materi atau bahan yang digunakan untuk membuat uang kertas.

Tidak seperti yang kita pikirkan, ternyata uang kertas tidaklah dibuat dari bahan kertas biasa, melainkan dari kapas, ya 100% kapas. Bahan kapas menjadikan uang kertas tidak mudah sobek dan kusut. Selain itu, materi atau bahan yang digunakan untuk membuat uang kertas harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :

1. Indeks tarik (tensile strength) bagus.
2. Ketahanan sobek (tearing strength) tinggi.
3. Ketahanan lipat (folding endurance) tinggi.
4. Tahan lama (durable).
5. Tidak mudah luntur atau pudar.
6. Butuh zat kimia tertentu untuk menghindari pemalsuan.

Penggunaan materi kapas dalam pembuatan uang kertas, diyakini dapat memberikan ketahanan lipat hingga 3.500 kali lipatan. Hal ini membuat uang kertas tidak sobek meskipun telah ditekuk atau dilipat ratusan kali. 

Demikian artikel tentang kenapa uang kertas tak sobek saat terkena air. Semoga bermanfaat.
Back To Top