Info Seputar Uang

Apa Itu Numismatik?

Sudahkah Anda memiliki Koleksi Uang Kuno Indonesia?, jika belum, apakah Anda ingin mengoleksi uang lama yang pernah berlaku dan beredar di Indonesia sebagai alat pembayaran yang syah?. Ya ya ya, jika Anda saat ini tengah suka mengumpulkan uang zaman dulu, maka Anda sebagai kolektor uang kuno tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah "Numismatik".
Pengertian Numismatik
Orang yang Hobi/Suka Mengoleksi atau Mengumpulkan Mata Uang Kuno Disebut ....
Kegiatan mengumpulkan uang koin logam maupun uang kertas kuno memang mengasyikan, sehingga saat ini banyak orang yang memiliki hobi bahkan ahli mengoleksi uang lama atau yang populer dan gampangnya sering disebut dengan "Kolektor Uang Kuno", lebih berkembang disebut "Numismatik"

Apakah Anda ingin Menjadi Kolektor Uang Kuno?
Jika Anda ingin sebagai kolektor uang kuno Indonesia, Anda bisa tidak sebatas mengumpulkan uang lama saja, namun Anda bisa lebih jauh dari itu dengan cara lebih mendalami tentang hal yang terkait hobi mengoleksi uang kuno, seperti tentang sejarah uang yang Anda kumpulkan, ciri-ciri uang kuno tersebut, dan hal lainnya.

Pengertian Numismatik
Istilah Numismatik belum sepopuler Filateli (koleksi dan penyelidikan tentang prangko dan meterai;pengumpulan prangko). Orang yang suka mengoleksi uang kuno juga belum sepopuler Filatelis (orang yang ahli dalam filateli;orang yang gemar membuat koleksi dan menyelidiki prangko), hal ini ditunjukkan dengan salah satu bukti yakni pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbud, saat ini (Januari 2017) belum ada definisi tentang istilah "Numismatik". Namun, pengertian Numismatik sudah bisa ditemukan di https://id.wikipedia.org/ .

Numismatik (bahasa Latin: numisma, nomisma, "koin"; dari bahasa Yunani: νομίζειν nomízein, "menggunakan sesuai hukum") adalah sebuah studi atau kegiatan mengumpulkan mata uang, termasuk koin, token, uang kertas, dan benda-benda terkait lainnya. Koleksi numismatik terdiri dari benda-benda kuno seperti uang kertas, koin kuno dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Numismatik mempelajari antara lain, sejarah mata uang itu sendiri, cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut dsb.

Demikian tentang Pengertian Numismatik. Semoga bermanfaat.
Back To Top