Info Seputar Uang

Macam-Macam Jabatan/Posisi di Bank dan Tugasnya

Macam-Macam Jabatan/Posisi di Bank dan Tugasnya_Bank pada umumnya terbagi atas dua segmen besar yang berisi berbagai jabatan-jabatan penting di dalamnya, yaitu Segmen Bisnis dan Segmen Operasional.

Segmen Bisnis memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu bank, yaitu merencanakan dan menciptakan program demi lancarnya bisnis bank mereka. Nah, kalau segmen operasional ini tugasnya mendukung segmen bisnis. Dalam artian, segmen operasional adalah orang-orang yang menjalankan proses transaksi dengan nasabah seusai dengan aturan dan sistem yang berlaku.

Jika hubungan segmen bisnis dan segmen operasional berjalan dengan sangat baik (mutualisme) maka akan tercipta bank yang maju dan ramai nasabah. Inilah penjelasan mengenai jabatan-jabatan di dua segmen besar bank :
Macam-Macam Jabatan/Posisi di Bank dan Tugasnya
Macam-Macam Jabatan/Posisi di Bank dan Tugasnya

1. Segmen Bisnis 
Adapun beberapa jabatan yang berada dalam segmen bisnis, yaitu :

a. Marketing 
Marketing memiliki tugas mencari nasabah. Bisa dari penyuluhan-penyuluhan yang diberikan atau promosi yang dilakukan oleh para marketing. Bisa dibilang, marketing ini adalah sales. Marketing sendiri terbagi atas dua, yaitu :

(1). Marketing  funding
Melakukan pemasaran produk bank berupa tabungan, tahapan, giro, dan lain-lain. Sasaran mereka adalah orang-orang biasa yang ingin menabung di bank.

(2). Marketing lending
Tugasnya adalah melakukan pemasaran produk bank yang berupa kartu kredit, pinjaman, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), modal usaha, dan lain lain. Sasarannya adalah orang-orang yang ingin membuka usaha dan melakukan pinjaman pada bank.

b. Analis kredit 
Jika Anda akan melakukan pinjaman kepada suatu bank, maka yang akan menangani masalah Anda adalah analis kreidit. Anda akan melakukan berbagai pemeriksaan baik pendapatan bulanan dan lain lain oleh pada analis kredit.

(1). Account Officer
Dalam beberapa bank, Account officer memiliki tugas yang sama dengan marketing. Namun di beberapa bank lainnya account officer merupakan gabungan dari fungsi marketing dan analis kredit.

(2). Customer Service
Customer service diharuskan memiliki keterampilan berbicara yang baik. Karena tugas yang diembannya adalaha memberikan sosialisasi bagi para nasabah atau pun calon nasabah. Ada beberapa customer service yang diberikan target per bulan seperti sales.

(3)Collector
Anda pasti sering mendengar kata ‘debt  collector’. Sebenarnya debt collector dan collector memiliki tugas yang sama, yaitu menagih hutang, pinjaman dan kredit dari para nasabah yang telah melewati batas waktu yang sudah dijanjikan.

2. Segmen operasional
Ada pun beberapa jabatan yang berada dalam segmen operasional, yaitu :
a. Teller
 Melayani dan melakukan transaksi bersama nasabah

b. Back Office
Tugasnya mengawasi dan memastikan bahwa kerja teller sudah benar. Selanjutnya, back office akan membuat rekapan (pembukuan) transaksi dari mulai harian hingga tahunan.

c. General Affair
Tugasnya adalah mengurusi bangunan, keamanan, cleaning service, fisik atm, brosur, kartu nama, absen karyawan, vendor outsourcing, dan lain lain.

d. Admin kredit (Staff admin)
Tugasnya adalah membuat surat dan menginventarisir data jaminan nasabah

e. Cleaning Service
Tugasnya adalah memastikan keadaan bank bersih dan nyaman bagi para nasabah dan karyawannya

f. Security
Tugasnya adalah menjaga kenyamanan, keamanan dan ketertiban di lokasi bank

g. Driver
Tugasnya adalah antar jemput kepala cabang, nyuci dan service mobil kepala cabang

h. Ekspedisi / Messenger
Tugasnya adalah menjadi kurir fotocopy, surat, dan lain lain. Pokonya paling ribet adalah messenger, paling sibuk.

Ilmu Perbank-an
Selain memahami jabatan-jabatan dan pembagian tugas dalam perbank-an, kami akan memberi informasi tambahan yang sangat penting bagi Anda. Inilah ilmu-ilmu yang wajib Anda miliki untuk dapat bekerja di bank, yaitu :

a. Ilmu Administrasi
Ilmu administrasi ini sangat dipakai ketika menyusun, membuat dan memeriksa kelengkapan berkas nasabah. Jadi jika suatu hari berkas nasabah diperlukan, maka tugas Anda yang memiliki ilmu administrasi adalah memudahkan untuk menemukan data-data dalam berkas nasabah.

b. Ilmu Marketing
Ilmu ini sangat dipakai untuk membidik pasar.

c. Ilmu Komputer
Wajib bagi Anda untuk menguasai ilmu komputer. Minimal Microsoft Word dan Microsof Excel terbaru.

d. Ilmu Akuntansi
Mulai dari jabatan marketing hingga Back Office  sangat memerlukan ilmu ini. Minimal, bisa mengoperasikan neraca

e. Ilmu Matematika
Ilmu ini adalah ilmu paling penting dalam perbank-an. Tidak hanya perbank-an, matematika jelas terpakai di segala aspek kehidupan dan pekerjaan.

f. Ilmu Hukum Agraria
Jabatan marketing haruslah menguasai ilmu ini. Ilmu ini berkaitan dengan kondisi jaminan nasabah sesuai hukum dan perjanjian (hukum perdata)

g. Service Excellence
Anda harus menguasai ini untuk membuat pelayanan yang terbaik bagi nasabah. Ilmu ini dipakai untuk semua jabatan pada perbank-an.

Sekian informasi mengenai jabatan-jabatan pada bank dan informasi-informasi lainnya yang saya sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat.
Back To Top