Info Seputar Uang

Keuntungan dan Kerugian Menabung di Celengan

Keuntungan dan Kerugian Menabung di Celengan_Saat ini sebagian besar masyarakat kita telah mempunyai rekening tabungan di bank. Mereka percaya jika bank merupakan tempat yang aman dalam menyimpan uang. Meski demikian, pastinya masih ada saja orang-orang yang masih menggunakan celengan untuk menyimpan uang mereka. Ada pertimbangan tertentu yang melatarbelakangi sebagian orang lebih memilih menabung di celengan dibanding menitipkan di bank.
Keuntungan dan Kerugian Menabung di Celengan

Nah untuk membuka wawasan, tidak ada salahnya jika kita simak ulasan mengenai keuntungan serta kerugian menabung di celengan berikut ini.

A. Keuntungan Menabung di Celengan

1. Tidak Ada Potongan Biaya Administrasi
Ketika Anda menabung di celengan, Anda tidak akan terkena potongan biaya administrasi perbulannya. Jadi uang Anda murni uang yang Anda tabung dan tidak dikurangi oleh sesuatu apa pun.

2. Waktu Menabung yang Flexibel
Ketika Anda menabung di celengan, Anda bisa menabung tak terbatas oleh waktu. Anda bisa menabung kapan pun tanpa harus khawatir tempatnya tutup. Hal ini berbeda dengan di Bank yang Anda harus memperkirakan waku kesana dan mengantri dulu untuk bertemu teller bank dan menabungkan uang Anda. Terlambat sedikit saja dari jam kerja bank, Anda tidak bisa menabung.

3. Tidak Ada Batasan Nominal Minimal
Tidak ada nominal khusus yang dijadikan patokan ketika Anda memutuskan untuk menabung di celengan. Anda bisa menabung mulai dari nominal terkecil berupa koin hingga nominal yang besar. Tentunya banyaknya uang yang Anda tabungkan tersebut disesuaikan dengan jatah uang jajan Anda dan pemasukan Anda, jika Anda memiliki pemasukan.

4. Tidak Mudah Tergoda untuk Belanja saat berada di luar
Dengan menabung di celengan, Anda bisa terselamatkan dari godaan keinginan belanja ketika berada di luar rumah. Uang yang Anda sisihkan untuk menabung tidak dapat Anda otak-atik dan Anda bawa ke luar rumah bukan???

B. Kerugian/Kelemahan Menabung di Celengan

1. Tingkat keamanan
Celengan yang Anda taruh di rumah Anda tidak ada penjaganya. Oleh karena itu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, tanggung jawab berada di tangan Anda, bukan orang lain.
Berbeda halnya dengan bank yang memiliki sistem keamanan sendiri untuk nasabahnya.

2. Mudah tergoda untuk mengambil uang di celengan

3. Uang kertas Terancam Lecek/Lusuh
Menabung uang kertas di celengan berbeda halnya dengan meletakkan uang tersebut di dompet. Lubang yang ada di celengan tertentu hanya muat untuk memasukkan koin, sehingga jika ingin menabung di celengan tersebut uang kertas Anda harus di tekuk sesuai ukuran lubang pada celengan. Hal inilah yang menyebabkan menabung uang kertas di celengan rawan sekali untuk lecek.

Jadi, jika Anda ingin menabung uang kertas hendaknya Anda memilih celengan yang sekiranya aman untuk uang kertas. Celengan yang memiliki lubang yang pas untuk memasukkan uang kertas Anda. Selanjutnya tempatkanlah celengan Anda di tempat yang tidak lembap agar kualitas uang kertasnya terjaga.

4. Bobot yang Berat saat Menabung dengan Uang Logam
Menabung uang logam atau koin dalam sebuah celengan membutuhkan tempat yang kuat dan mampu menahan berat koin Anda. Semakin banyak koin, semakin bertambah pula bebannya. Jika Anda meletakkan tabungan koin Anda di almari bagian atas dengan kualitas kayu yang tidak begitu bagus itu justru akan menambah biaya pengeluaran Anda jika suatu saat lemari Anda jebol karena tidak kuasa menahan berat koin celengan Anda.

Selain masalah berat, menabung dengan uang logam juga tidak flexibel untuk di bawa kemana-mana ketika tiba hari pemecahannya. Terlebih jika koin yang Anda kumpulkan adalah koin 100 dan 200. Butuh waktu yang lama untuk menghitungnya dan hasilnya tidak sebanding dengan bobotnya yang berat.

Nah itu tadi adalah beberapa untung rugi yang Anda dapatkan ketika Anda menabung di celengan. Ketika Anda menabung di celengan pastikan tempat yang Anda pilih untuk meletakkan celengan Anda aman. Pilihlah jenis celengan yang sesuai dengan jenis uang yang Anda tabungkan. Dan yan terakhir, sesuaikan jumlah yang harus Anda tabungkan dengan target waktu Anda tabungkan berdasarkan tujuan utama saat Anda menabung. Selamat belajar menabung dan semoga bermanfaat.

Back To Top