Info Seputar Uang

Cara Merawat Uang Kertas

Cara merawat uang kertas_Apakah Anda memiliki hobi mengkoleksi uang kertas?  Jika iya, Anda tentu menginginkan uang kertas yang Anda miliki terjaga kualitasnya bukan? Nah, berikut kami akan bagikan beberapa tips cara merawat uang kertas agar awet dan terlihat selalu baru.
Cara Merawat Uang Kertas
Cara mudah merawat uang kertas

1. Merawat uang kertas dengan disetrika
Ketika seseorang tidak membawa dompet, hal yang sering dilakukan adalah dengan menaruh uang kertas di saku baju atau saku celana. Saat mereka terburu-buru uang kertas ini akan dimasukkan begitu saja tanpa memperhatikan nanti akan tercetak lipatan kasar setelahnya.

Nah cara mengatasi uang kertas yang memiliki lipatan kasar tersebut supaya menjadi lebih halus adalah dengan cara menyetrikanya. Selipkan uang tersebut di antara dua lembar karton tebal. Hal ini dilakukan supaya kilauan yang artifisial di permukaan kertas tidak rusak ketika disetrika. Setrikalah dengan panas yang sedang, karena jika terlalu panas bisa merusak tinta uangnya.

2. Cara merawat uang kertas kotor karena debu atau coretan

Ada tiga cara yang dapat kita lakukan untuk merawat uang kertas yang kotor.

a. Menggunakan roti
Di antara tiga cara yang ada, bisa dikatakan cara ini adalah cara yang paling aman. Bentuklah bola-bola kecil dari roti putih. Gulung-gulungkan roti tersebut pada permukaan uang kertas yang akan dibersihkan. Jika bola-bola roti tersebut sudah kotor, gantilah dengan bola-bola roti yang baru. Lakukan berulang kali hingga permukaan kertas bersih.

b. Menggunakan penghapus
Letakkanlah uang kertas yang hendak dibersihkan di atas permukaan yang datar, rata, dan bersih. Gunakanlah karet penghapus secara perlahan dan hati-hati dari tengah ke pinggir. Membersihkan uang kertas dengan cara ini riskan karena jika tidak berhati-hati uang kertas tersebut bukannya bersih, justru robek.

c. Mencuci uang kertas
Cara membersihkan uang kertas dengan metode ini di anggap cara yang paling kontroversial karena di anggap dapat mengurangi nilai uang kertas. Caranya yaitu dengan memasukkan uang kertas ke dalam air sabun yang hangat. Setelah itu keringkanlah, dan letakkan di selipan kertas bersih  pada buku yang tebal.

3. Merawat uang kertas yang terkena noda tinta
Noda tinta pada uang kertas tentunya membuat Anda risih bukan? Nah ada cara untuk menghilangkan noda bandel ini. Anda bisa menghilangkan sedikit noda tersebut dengan cara mencelupkan uang kertas tersebut ke air biasa. Jika noda tersebut bersifat permanen, Anda dapat menggunakan cairan pelarut yang mengandung karbon-tetrakhlorida. Anda bisa membeli cairan ini di toko bahan kimia di tempat Anda.

4. Tempat penyimpanan uang kertas
Jika uang kertas yang Anda miliki sudah bagus, tentunya Anda butuh tempat penyimpanan yang bisa menjaga kualitas uang kertas yang Anda miliki, terlebih jika Anda memiliki hobi mengkoleksi uang kertas. Berikut adalah beberapa tempat penyimpanan uang kertas yang kami rekomendasikan untuk Anda.

a. Masukkan dalam plastik
Untuk menjaga kualitas uang kertas yang Anda koleksi, maka sebaiknya hindari seringnya kontak langsung dengan tangan. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan uang kertas yang Anda miliki ke dalam plastik transparan yang sesuai dengan ukuran uang kertas Anda.

Tebal plastik yang ideal untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan adalah 5 mikron. Plastik yang terlalu tebal dapat menyulitkan Anda untuk memasukkan uang kertas, dan permukaannya yang keras dapat menggeser permukaan uang kertas sehingga uang kertas justru akan rusak atau terlipat.

b. Jangan dilaminating
Laminating uang kertas memang bisa membuat uang kertas tersebut awat dan anti air, namun perlu Anda ketahui jika melaminating uang kertas dapat menurunkan grade uang tersebut dan justru menjadikannya tidak berharga. Namun jika Anda memang hanya berniat mengkoleksi untuk diri sendiri dan bukan untuk di jual maka hal tersebut tidak jadi masalah.

c. Masukkan dalam sebuah album
Cara ini bisa Anda lakukan untuk menyimpan uang kertas Anda. Bisa dibilang cara ini lebih rapi dan membuat uang kertas yang Anda miliki berserakan sebagaimana jika Anda menyimpannya dengan plastik saja.

d. Masukkan dalam ruang kedap kelembapan
Untuk menghindari cuaca yang lembap yang dapat merusak uang kertas Anda. Anda dapat menyimpan uang kertas Anda dalam dry box. Namun, karena harganya yang mahal Anda bisa menyiasatinya dengan menyimpan di kaleng biskuit dan jangan lupa untuk menambahkan slica jel atau arang kelapa untuk menyerap kelembapan dan kapur barus untuk mencegah ngengat.

Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk merawat uang kertas yang Anda koleksi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Back To Top