Info Seputar Uang

Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak

Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak_Ada sebuah peribahasa yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya dan jika muda menabung maka tua akan beruntung. Melalui pribahasa tersebut kita diajarkan untuk gemar menabung sehingga memiliki simpanan di hari tua. Nah salah satu cara menabung adalah dengan menggunakan celengan sebagai alat untuk menyimpan uang yang akan kita tabung. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kita cepat bisa mengumpulkan uang yang banyak di celengan kita. Yuk simak beberapa tips berikut ini.
Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak

Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak

1. Pilihlah celengan yang tepat untuk di gunakan sebagai alat menabung
Celengan yang digunakan untuk menabung harus bisa membangun semangat anda untuk menabung. Oleh karena itu pilihlah celengan yang bentuknya anda sukai, terbuat dari bahan yang kuat, bisa menampung uang dalam jumlah besar, dan tidak membuat uang lecek jika nanti yang ditabung adalah uang kertas.

Dengan memilih celengan seperti yang tersebut di atas, anda akan merasa tidak rela untuk cepat cepat  memecah celengan yang anda miliki serta meningkatkan motivasi anda untuk mengisinya dengan rajin agar bisa terkumpul banyak.

2. Tentukan tujuan menabung
Target yang menjadi tujuan Anda menabung harus sudah anda miliki. Dengan memiliki tujuan tersebut anda akan terpacu untuk gemar menabung dalam mencapai tujuan tersebut dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Tujuan menabung ini bisa berupa tujuan jangka pendek atau pun tujuan jangka panjang.

3. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan 
Pada saat menabung, anda sedang belajar mengelola keuangan anda. Oleh karena itu dalam membelanjakan uang untuk membeli suatu barang, anda harus benar-benar selektif dan tahu bahwa barang itu memang benar-benar barang yang anda butuhkan dan bukan sekedar barang yang anda inginkan. Jangan sampai anda belanja berlebihan dan nantinya merogoh celengan anda untuk menutupi keungan anda.

4. Tulislah tujuan tersebut di atas celengan tempat menabung
Untuk menaikkan motivasi anda dan membuat anda selalu teringat tujuan utama anda menabung, anda bisa mencatat tujuan tersebut dengan tulisan yang transparan dan terlihat oleh anda kemudian tempelkan di atas celengan tempat anda menyisihkan uang jajan anda. Tulisan itu akan menjadi mantra agar anda gemar menabung.

5. Tentukan jumlah nominal menabung yang bisa ditabung secara rutin
Anda harus mulai bisa melakukan perjanjian dengan diri anda sendiri tentang nominal uang yang anda tabung. Idealnya besar nominal tersebut adalah 30% dari uang jajan anda, namun disini anda adalah orang yang paling mengerti kebutuhan anda.

Jadi anda bisa memulai dengan menghitung keuangan anda dan mengklasifikasikannya menjadi beberapa jenis kebutuhan sehingga pada akhirnya anda akan menemukan jumlah nominal uang yang bisa anda tabungkan secara rutin.

6. Jadwalkan hari menabung secara teratur
Setelah Anda mengetahui nominal yang bisa anda tabung, selanjutnya anda harus menentukan jadwal anda menabung, entah itu harian, atau beberapa hari sekali, atau mingguan. Semakin banyak nominal yang anda tentukan untuk ditabung maka semakin cepat pula bertambahnya jumlah nominal uang yang ada di celengan anda.

7. Konsisten
Anda harus bisa konsisten dengan perjanjian yang anda buat terhadap diri anda sendiri. Dengan bersikap konsisten anda akan mulai mendisiplinkan jadwal tersebut dan tak terasa uang yang dapat anda kumpulkan pun semakin banyak.

Kedisiplinan yang sudah melekat pada diri anda nantinya akan membentuk karakter anda menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan anda di masa depan.

8. Bersedekah
Bersedekah adalah salah satu bentuk rasa syukur anda terhadap pemberian Tuhan. Dengan bersedekah, anda akan menyucikan harta anda dan jiwa anda. Ingatlah bahwa apa yang anda miliki adalah pemberian dari Nya, oleh karena itu dengan berbagi sedekah anda dapat berbagi harta yang kita miliki dan memiliki kesempatan untuk menyenangkan sesama makhluk ciptaanNya.

Nah itu tadi adalah beberapa tips cara menabung di celengan agar cepat banyak. Buat anda pengguna celengan, anda bisa mulai menerapkan beberapa tips di atas. Anda bisa mulai menyisihkan uang anda, belajar hidup sederhana dan hemat untuk masa depan yang cerah. Semoga bermanfaat.

Back To Top