Info Seputar Uang

Cara Memilih Celengan yang Aman untuk Menabung Uang Kertas

Cara Memilih Celengan yang Aman untuk Menabung Uang Kertas_Uang kertas memiliki karakter yang berbeda dengan uang koin. Perawatannya pun tentunya juga berbeda dengan uang koin. Jika uang koin bisa di simpan selama bertahun-tanuh di tempat sembarangan, tetapi uang kertas tidak bisa. Sebab pastinya akan di makan rayap atau lapuk akibat terpapar udara bebas dalam waktu yang lama.
Cara Memilih Celengan yang Aman untuk Menabung Uang Kertas

Jadi buat Anda yang berniat menyimpan atau menabung dalam bentuk uang kertas, alangkah baiknya jika benar-benar mencarikan tempat yang aman. Yang tidak gampang kita ambil atau di ambil orang lain, dan juga yang tidak menyembabkan fisik uang tersebut menurun kualitasnya.

Jika uang kertas tersebut kita simpan atau tabung di bank, pastinya akan aman, tanpa perlu  khawatir terjadi resiko di atas, karena penjagaan seluruhnya di tanggung oleh pihak bank. Namun, karena penitiapan di bank itu terkena pajak di setiap bulannya dan tidak bisa diambil setiap watu, tidak sedikit  di antara kita masih lebih memilih untuk menabung secara konvensional di celengan.

Lantas, bagaimana cara memilih celengan yang tepat dan aman untuk tempat menabung atau menyimpan uang kertas kita, agar aman dan bentuk fisiknya tidak berubah? Nah berikut ini kami bagikan ulasannya untuk Anda. Silahkan disimak.

Cara Memilih Celengan Yang Tepat dan Aman Untuk Menabung Uang Kertas

1. Pilihlah Celengan yang Bentuknya Agak Lapang atau Besar
Memilih celengan yang agak lega atau agak luas, bisa menghindarkan uang kertas Anda dari kerusakan. Selain itu dengan memilih celengan yang ukurannya agak besar, maka daya tampungnya akan banyak. Jadi bisa memuat simpanan uang kertas Anda selama bertahun-tahun.

2. Pilihlah Celengan yang Lubang Untuk Memasukkan Uangnya  Lebih Lebar
Uang kertas yang dimasukkan secara paksa karena ukuran lubangnya tidak sesuai  dapat membuat uang kertas rusak karena lecek.

Oleh karena itu, Anda harus membedakan celengan uang kertas dengan celengan uang koin. Lebih baik menabung uang kertas pada celengan yang lubangnya lebih lebar .

Jadi idealnya antara uang kertas dan uang koin, sendiri-sendiri celengannya. Karena untuk uang koin jika lubangnya di buat lebar, akan membuat uang tersebut mudah keluar jika posisi celengannya terbalik.

3. Tempatkan di Tempat Kering dan Tidak Lembap. 
Uang kertas yang dimasukkan dalam celengan tertutup dan dalam kurun waktu yang lama karena tidak pernah dibuka bisa beresiko merusak kualitas fisik dari uang kertas tersebut, karena lembap.

Nah, untuk mengatasi atau menghindari hal tersebut Anda bisa menambahkan arang kelapa atau slica jel untuk menyerap kelembapan dan bisa juga di masukkan kapur barus untuk menghindari ngengat.

Dan yang lebih penting, tempatkan celengan tersebut di tempat yang sirkulasinya bagus dan kering, untuk menghindari kerusakan akibab lembab.

4. Pilih Celengan dari Bahan yang Tepat
Memilih celengan sebaiknya jangan hanya di lihat dari bentuk atau model fisiknya saja. Walaupun bentuk celengan yang bagus bisa membuat buah hati kita lebih semangat untuk menabung, tetapi jika bahan celengan tersebut tidak tepat, bisa merusak uang kertas kita yang tersimpan di dalamnya.

Dalam hal ini, hindari celengan yang terbuat dari bambu atau kayu, atau bahan lain yang bisa di makan rayap. Terlebih jika kita berencana membuka celengan tersebut dalam jangka waktu yang lama, di atas 5 tahun atau bahkan 10 tahun. Sebaiknya cari celengan yang kuat, kokoh dan terbuat dari bahan besi, alumunium ataupun plastik yang kwalitasnya bagus dan tebal.

5. Menggunakan Celengan ATM Mini
Jika Anda ingin membuat buah hati Anda lebih semangat lagi dalam menabung, maka tidak ada salahnya jika Anda membelikan celengan ATM mini. Celengan ATM mini adalah salah satu mainan edukatif yang saat ini sudah populer di kalangan masyarakat, terlebih masyarakat perkotaan.

Celengan ATM mini ini bentuk fisiknya sangat mirip dengan ATM, tetapi bahan dan ukurannya saja yang berbeda. Uniknya, di ATM mini ini Anda dapat menabung uang kertas Anda, dan mengamankannya dengan pasword atau pin layaknya ATM beneran. Anda bisa mengecek saldo, melakukan tarik tunai, dan tentunya menabungkan uang kertas Anda.

Bentuknya yang menarik, di tambah teknologi yang tersemat di dalamnya, pastinya selain membuat uang tersebut aman tersimpan, juga membuat anak Anda semakin semangat lagi untuk terus menabung.

Demikian tips dalam memilih celengan yang aman dan tepat untuk menabungkan uang kertas Anda. Silakan di coba, dan semoga ada manfaatnya.

Back To Top