Info Seputar Uang

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Peran, dan Prinsip Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Peran, dan Prinsip Manajemen Keuangan dalam Perusahaan_Kita sering mendengar istilah manajemen keuangan di bidang ekonomi dan keuangan baik yang berhubungan dengan suatu individu, perusahaan maupun organisasi. Keberadaan manajemen keuangan ini dianggap sebagai suatu hal yang penting bagi keberlangsungan perusahaan. Lalu apa sebenarnya manajemen keuangan itu? dan apa peran manajemen keuangan bagi suatu perusahaan? Berikut ini ulasan mengenai definisi, tujuan, fungsi, peran, dan prinsip manajemen keuangan dalam perusahaan yang perlu Anda ketahui.
Pengertian, Tujuan, Fungsi, Peran, dan Prinsip Manajemen Keuangan Perusahaan

A. Pengertian Manajemen Keuangan
Apa Itu Manajemen Keuangan?_Manajemen keuangan adalah segala proses aktivitas perusahaan maupun organisasi dalam rangka mencari sumber pendanaan perusahaan, pembuatan anggaran, pengelolaan dana beserta aset perusahaan tersebut, pengawasan pengalokasian dana serta proses pelaporan dana tersebut terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Lalu apa tujuan dari adanya manajemen keuangan di dalam suatu perusahaan?

B. Tujuan Manajemen Keuangan dalam Perusahaan
Perusahaan yang tidak memiliki manajemen keuangan di dalamnya tentu akan mengalami kekacauan dalam pengelolaan keuangan sehingga dana perusahaan tidak bisa dikelola dengan efektif bagi kemajuan perusahaan.

Keberadaan manajemen keuangan tidak bisa dianggap remeh karena memiliki tujuan penting yakni memaksimalkan serta mengoptimalkan nilai perusahaan beserta aset-aset perusahaan sehingga nilai perusahaan di pasaran bisa meningkat menjadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu. Lalu siapakah yang melaksanakan fungsi manajemen keuangan ini di perusahaan?

Pelaksana Manajemen Keuangan dalam Perusahaan
Manajemen keuangan dalam perusahaan dilakukan oleh beberapa pihak yakni :

a. Manajemen tingkat pelaksana (operational menegement)
Manajemen tingkat pelaksana ini terdiri dari para suvervisor yang bertanggung jawab sebagai pembuat keputusan jangka pendek.

b. Manajemen menengah
Manajemen menengah meliputi manajer devisi, manager cabang dan kepala departemen yang berperan sebagai pembuat keputusan jangka menengah.

c. Manajemen eksekutif 
Manajemen eksekutif sering disebut sebagai manajemen penanggung jawab yang bertanggung jawab terhadap fungsi produksi, pemasaran, pembiayaan, pembelanjaan dan akutansi serta pembuat keputusan jangka panjang.

C. Fungsi Manajemen Keuangan Bagi Keberlangsungan Perusahaan

1. Perencanaan keuangan perusahaan (Planning)
Manajemen keuangan dalam perusahaan memiliki fungsi membuat suatu perencanaan terhadap arus kas dan rugi laba perusahaan serta kegiatan lainnya dalam jangka waktu tertentu.

2. Penganggaran keuangan perusahaan (Budgeting)
Manajemen keuangan perusahaan juga berfungsi dalam menindaklanjuti rencana keuangan perusahaan dengan membuat detail penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien.

3. Pengelolaan keuangan perusahaan
Fungsi manajemen keuangan selanjutnya yakni melakukan pengelolaan dana perusahaan serta memaksimalkan dana yang tersedia dengan berbagai cara agar pemanfaatan dana bisa efisien.

4. Pencarian keuangan perusahaan
Manajemen keuangan juga berfungsi dalam mencari sumber pendanaan untuk operasional perusahaan baik dari internal maupun eksternal perusahaan seperti menerapkan kebijakan hutang jangka pendek dan jangka panjang atau menerbitkan sejumlah obligasi

5. Penyimpanan keuangan perusahaan
Tidak hanya mencari dan mengelola keuangan perusahaan, manajemen keuangan juga berfungsi mengumpulkan dan mengamankan dana yang dimiliki perusahaan.

6. Pengendalian keuangan perusahaan (Controlling)
Manajemen perusahaan juga berfungsi dalam mengevaluasi dan memperbaiki sistem keuangan yang dijalankan oleh perusahaan.

7. Pemeriksaan keuangan perusahaan (Auditing)
Fungsi manajemen keuangan selanjutnya yakni melakukan pemeriksaan internal atas keuangan perusahaan agar bisa berjalan sesuai dengan kaidah standar akuntansi sehingga terhindar dari berbagai penyimpangan.

8. Pelaporan keuangan perusahaan (Reporting)
Manajemen keuangan juga berfungsi menyediakan informasi kondisi keuangan serta analisa  rasio laporan keuangan sebagai bahan evaluasi keuangan perusahaan.

D. Peran Manajemen Keuangan dalam Perusahaan 

Keberadaan manajemen keuangan di dalam suatu perusahaan merupakan suatu hal yang penting dan wajib demi keberlanjutan keuangan perusahaan. Adanya manajemen keuangan bisa membantu proses pengendalian dalam perencanaan maupun pelaksanaan penerapan anggaran keuangan suatu perusahaan atau organisasi.

E. Prinsip Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Dalam menjalankan fungsi dan peranannya di perusahaan, manajemen keuangan menggunakan prinsip-prinsip tertentu agar penggunaan keuangan perusahaan bisa efektif dan tepat sasaran. Prinsip-prinsip yang digunakan dalam manajemen keuangan perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Prinsip Integritas (Integrity)
Manajemen keuangan harus menjaga integritasnya dalam melaksanakan kegiatan operasional serta pelaporan data keuangan perusahaan dengan memberikan laporan yang lengkap dan akurat.

2. Prinsip Transparansi (Transparancy)
Kegiatan perencanaan, pengelolaan dan pelaporan semua akivitas keuangan perusahaan juga semestinya dilakukan secara transparan serta mudah diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan langsung dengan aktivitas keuangan tersebut untuk menghindarkan dari tindak penyelewengan dana perusahaan.

3. Prinsip Pengelolaan (Stewardship)
Manajemen keuangan harus memastikan bahwa dana yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dapat dikelola dan direalisasikan secara maksimal sesuai dengan perencanaan anggaran yang telah ditetapkan.

4. Prinsip Standar Akuntansi (Accounting Standards)
Dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan, manajemen perusahaan memastikan bahwa sistem akuntansi keuangan yang diterapkan oleh perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip standar akuntansi yang berlaku agar proses pelaporan keuangan dapat dipahami oleh semua pihak yang berkepentingan.

5. Prinsip Akuntabilitas (Accountability)
Manajemen keuangan merupakan sebuah kewajiban moral dan hukum yang melekat kepada individu, perusahaan atau organisasi untuk memberikan suatu informasi pengelolaan dana sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kewenangan yang sudah dipercayakan kepadanya.

6. Prinsip Konsistensi (Consistency)
Dalam mengelola keuangan perusahaan, manajemen perusahaan harus memastikan bahwa kebijakan keuangan perusahaan berjalan dengan konsisten dan hanya mengalami perubahan apabila terjadi perubahan yang signifikan dalam perusahaan.

7. Prinsip Kelangsungan Hidup (Viability)
Dalam penyusunan rencana keuangan perusahaan, manajemen keuangan harus memberikan petunjuk bagaimana rencana tersebut bisa dijalankan dengan optimal sehingga keberlanjutan keuangan perusahaan bisa terjamin.

Demikian tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi, Peran, dan Prinsip Manajemen Keuangan dalam Perusahaan. Semoga bermanfaat.
Back To Top