Info Seputar Uang

Cara Mengatur Keuangan Pribadi/Rumah Tangga dengan Gaji Kecil/Pas-pasan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi/Rumah Tangga/Keluarga dengan Gaji Kecil/Pas-pasan_Besar kecilnya suatu gaji yang diterima memang bukanlah jaminan bahwa hidup Anda akan tenang dalam segi keuangan. Biarpun gaji Anda tergolong besar di banding penghasilan rata-rata yang lainnya, tetapi jika anda boros dalam pengeluaran, tentunya akan tekor juga di akhir bulan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai gaji yang tergolong kecil. Tentunya akan lebih buruk hasilnya jika anda tidak bisa mengelola pengeluaran dengan bijak. Namun, gaji kecil bukanlah halangan untuk memiliki kehidupan financial yang bagus selama anda tahu cara mengatur uang anda dengan baik.
Cara Mengatur Keuangan Pribadi/Rumah Tangga dengan Gaji Kecil/Pas-pasan

Cara terbaik mengatur keuangan bagi yang gajinya pas-pasan/kecil
1. Buat rencana keuangan
Di awal bulan atau beberapa hari sebelum gajian, buatlah rencana keuangan untuk sebulan ke depan. Lebih baik untuk mendahulukan kewajiban-kewajiban seperti membayar tagihan-tagihan dan hutang. Kemudian baru kebutuhan primer lain. Usahakan untuk menekan serendah mungkin. Jangan mengeluarkan uang untuk yang tidak perlu.

2. Catat setiap In dan Out
Usahakan untuk selalu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Hal ini penting untuk memantau kondisi keuangan anda. Selain itu, dengan melakukan pencatatan anda akan memiliki semacam history yang penting saat melakukan evaluasi setiap akhir bulan.

Mengingat gaji yang tergolong kecil, maka usahakan untuk mengefektifkan perputaran uang di bulan selanjutnya dengan melihat catatan keuangan bulan sebelumnya.

3. Pandailah dalam membeli barang
Anda harus pandai-pandai dalam membeli barang. Dalam hal ini, zaman sekarang membeli barang tidak harus baru. Saat anda ingin membeli suatu barang, sebaiknya jangan terlalu gegabah, anda bisa bersabar dan mencoba melihat-lihat di toko online, lalu bandingkan harganya.

Tidak harus baru, karena sekarang banyak barang bekas yang sebenarnya masih layak dan kualitasnya tidak berbeda jauh dengan barang baru bertebaran di online shop. Keunggulan dari barang bekas adalah harganya yang pasti lebih rendah daripada barang baru. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan barang yang kualitasnya masih bagus dengan harga agak miring.

4. Jangan terlalu sering memakai kendaraan bermotor
Dengan Anda mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, banyak manfaat yang bisa diambil. Diantaranya Anda sudah berkontribusi untuk mengurangi polusi udara, Anda menjadi lebih sehat, dan dari segi finansial anda sudah melakukan penghematan dalam hal bahan bakar kendaraan Anda.

5. Mencari penghasilan tambahan
Bagi anda yang bergaji kecil dan merasa kurang untuk membiayai kehidupan sehari-hari, anda bisa mencari penghasilan tambahan. Banyak cara untuk melakukan ini, diantaranya dengan berjualan kecil-kecilan di rumah, atau membuka les bagi anak-anak SD yang pelajarannya belum begitu memberatkan Anda.

Dengan demikian pemasukan anda akan bertambah dan dapat digunakan untuk menambal kekurangan-kekurangan biaya hidup.

6. Jangan terbiasa makan di luar
Makan diluar memang nikmat, namun tidak baik untuk kantong anda. Sebenarnya tidak masalah jika anda sekali-sekali makan di luar seperti di restoran. Namun jangan terlalu sering apalagi rutin, karena harga makanan tersebut umumnya berlipat-lipat jika dibandingkan dengan makanan di rumah.

Maka dari itu, biasakan untuk selalu makan di rumah, jika anda sudah berkeluarga makanlah masakan istri anda, dan apabila masih mahasiswa anda bisa memasak sendiri di tempat kost anda. Ini akan lebih menghemat budget bulanan.

7. Manfaatkan Diskon dan Promo
Dalam membeli sesuatu, sekali lagi janganlah terburu-buru. Jangan terpaku di satu tempat atau toko. Cobalah lihat di toko-toko online, disana biasanya sering mengadakan promo-promo menarik maupun diskon.

Seperti contoh anda ingin membeli sepatu. Maka jangan terburu-buru datang ke toko sepatu dan langsung membelinya. Anda bisa mengecek di toko online, siapa tahu ada yang memasang diskon atau promo yang tentunya bisa menguntungkan budget Anda.

8. Menabung
Yang terakhir adalah menabung. Ya, memang yang satu ini amatlah penting, semua orang dianjurkan untuk menabung tak terkecuali bagi anda yang berpenghasilan kecil. Dengan anda melakukan tips-tips diatas, setidaknya anda sudah bisa menyisihkan sebagian uang anda untuk ditabung.

Karena percayalah, menabung adalah kegiatan yang tidak punya sisi negatif. Anda bisa mengambil manfaat dari menabung. Menabung bisa menyelamatkan masa depan Anda.

Itulah tips-tips mengelola uang bagi anda yang berpenghasilan kecil. Tidak ada lagi kata sulit mengatur uang kalau anda bergaji kecil. Selama anda bisa menahan diri dan berhemat, maka kondisi good finance bisa tercapai dalam hidup anda. sekian artikel kali ini, semoga sukses dan terima kasih.
Back To Top