Info Seputar Uang

Tips Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

Tips Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil_Bagaimana cara mengatur keuangan dalam suatu bentuk usaha kecil-kecilan, merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan, terutama bagi mereka yang tengah memulai usaha. Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan supaya keuangan bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.
Tips Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil
Tips Mengelola Keuangan untuk Usaha Kecil

1. Pisahkan uang keperluan pribadi dengan uang usaha
Salah satu hal yang perlu Anda lakukan dalam mengatur keuangan adalah memisahkan mana uang yang digunakan untuk usaha dan mana yang digunakan secara pribadi. Memisahkan keuangan pribadi dan usaha merupakan langkah tepat supaya Anda bisa membedakan mana yang menjadi pengeluaran pribadi dan mana yang digunakan untuk usaha.

Banyak orang yang tidak ambil pusing dan mencampur keuangan pribadi dan usaha mereka. Alhasil, saldo dalam usaha akan berkurang sedikit demi sedikit tanpa disadari.

Dalam mengatur keuangan, Anda bisa memisahkan uang pribadi dan usaha menggunakan 2 tempat yang berbeda. Jika memang diperlukan, Anda bisa membuka rekening di bank, agar Anda memiliki rekening  khusus untuk bisnis.

2. Rencanakan anggaran keuangan Anda dengan baik
Merencanakan keuangan merupakan salah satu manajemen tepat yang harus dilakukan bagi para pengusaha. Seberapa pun modal yang Anda miliki, entah sedikit ataupun banyak, Anda tetap harus mrencanakan keuangan Anda dengan hati-hati. Jika perlu sediakan buku khusus untuk mencatat segala laporan keuangan yang terjadi selama Anda melakukan usaha.

3. Buku catatan keuangan
Seperti yang telah dibahas di atas, memiliki buku catatan keuangan, merupakan langkah baik dalam merencanakan keuangan Anda. Jika Anda hanya mengAndalkan ingatan semata untuk mencatat segala pemasukan dan pengeluaran, hal ini dinilai sebagai langkah yang kurang praktis dan hanya akan menghambat kinerja Anda.

Melalui buku yang telah Anda sediakan, Anda bisa tahu apakan Anda mengalami surplus ataupun bisnis dalam menjalani usaha Anda. Untuk menghitung keuntungan dan kerugian, Anda perlu menganalisa keuangan Anda setiap waktu. Anda juga harus mengontrol bagaimana jalur keuangan Anda berjalan.

Lakukan pencatatan secara rapi mulai dari aset yang Anda miliki, biaya-biaya yang dibutuhkan, transaksi penjualan yang dilakukan. Dalam memudahkan langkah pencacatan pada laporan keuangan perusahaan, sebaiknya menggunakan komputer dalam pencatatan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur keuangan yang Anda miliki.

4. Hitung untung yang masuk
Dalam menjalankan usaha, yang namanya keuntungan merupakan yang harus dikejar.  Semua bisnis yang dijalani, entah siapapun orangnya, hal yang dicari tentu mengarah kepada seberapa besar keuntungan yang akan di dapat.

Menghitung keuntungan, umumnya melibatkan banyak hal seperti seberapa banyak uang kas yang tersisa, penyusutan keuangan apa yang terjadi dan administrasinya.

Selain masalah keuangan di masa sekarang, keuangan yang menyangkut utang piutang serta pajak dan bunga dari pinjaman juga harus diperhitungkan dengan baik.

5. Bagaimana arus kas berjalan
Dalam menjalankan usaha kecil- kecilan, hal yang perlu Anda hitung tidak hanya sebatas keuntungan yang Anda peroleh melainkan juga seberapa banyak kas yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda perlu menghitung seberapa banyak persediaan barang yang ada.

Hingga saat ini, banyak sekali ditemukan pengusaha yang mengalami kesulitan kas karena kurang mampu mengatur perputaran kas dengan baik.

6. Mengembangkan usaha
Bisnis yang kecil tentu tidak akan selamanya kecil jika Anda mau terus belajar bagaimana cara mengembangkan usaha. Jika memang usaha yang dilakukan telah memberikan banyak keuntungan, maka uang yang Anda hasilkan tersebut jangan hanya digunakan untuk memanjakan diri sesaat.

Pikirkan bagaimana cara mengembangkan uang yang ada supaya bisnis yang Anda miliki mampu lebih maju dari sebelumnya.

Hal penting yang diperlukan untuk mengembangkan usaha adalah dengan menjaga bisnis yang Anda miliki tetap berjalan melalui manajemen keuangan yang tepat. Jika memang Anda merasa kurang mampu membuat laporan keuangan sendiri dengan rapi dan teliti, Anda bisa memperkerjakan orang lain yang memiliki ketrampilan dalam bidang yang keuangan.

Langkah-langkah di atas, bisa Anda praktekkan supaya terjadi manajemen keuangan baik bagi usaha kecil-kecilan Anda. Dalam hal ini, Anda memerlukan keseriusan dalam  menjalani usaha. Selain itu, Anda juga harus memasang mental tidak mudah menyerah dan yang penting adalah sikap mau belajar bukan hanya dari pengalaman pribadi melainkan juga milik orang lain.
Back To Top