Info Seputar Uang

Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan

Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan_Menjadi karyawan sekarang ini banyak dipilih oleh masyarakat karena pendapatan yang diperoleh tergolong cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Ya, gaji seorang karyawan memang tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. Namun, jika seorang karyawan tidak bisa mengelolanya, bisa saja uang tersebut tidak cukup dipakai untuk satu bulan, bahkan habis pada pertengahan atau awal bulan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan dan merasa kesulitan mengelola gaji Anda, berikut akan kami jabarkan beberapa tips untuk mengatur gaji Anda. simak dengan cermat poin-poin di bawah ini:
Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan
Cara mengelola keuangan bagi karyawan

1. Selalu Terapkan Hidup Hemat 
Hemat merupakan gaya hidup yang tepat dan wajib bagi karyawan. Anda dituntut untuk hidup hemat jika tidak ingin uang Anda habis sebelum akhir bulan yang mengakibatkan berbagai kebutuhan menjadi terlantar. Belanjakan uang Anda hanya untuk barang yang dibutuhkan, tahan nafsu untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Ingat untuk selalu menyisihkan uang Anda guna di tabung. Setiap orang wajib punya mimpi atau keinginan untuk bisa hidup lebih baik di masa depannya. Dengan membiasakan menabung, saat sewaktu-waktu Anda keluar dari perusahaan tersebut, Anda sudah punya uang simpana untuk Anda jadikan modal usaha atau keperluan penting lainnya.

2. Jangan tergiur kredit
Tawaran-tawaran dari lembaga kredit memang selalu terdengar sangat menggiurkan. Namun, jika Anda tidak bijak menanggapinya, ini Anda bisa terjerumus dalam hutang yang banyak karena kredit. Untuk itu, sebaiknya sebisa mungkin menghindari kredit dan membeli barang semampunya. Jika belum mampu, lebih baik menabung dahulu. Jika terpaksa mengambil kredit, pastikan jumlah cicilannya, dibawah 10% dari total gaji Anda perbulannya

3. Dahulukan tanggungan tetap
Saat Anda menerima gaji, jangan langsung menggunakannya untuk membeli sesuatu, bahkan barang penting sekalipun. Lebih baik dahulukan tanggungan-tanggungan wajib rutin Anda seperti membayar listrik, air, telepon, dan lain-lain. Jika semua telah terbayar,  Anda akan lebih leluasa dan merasa tenang untuk menggunakan sisa gaji Anda karena tanggungan bulan itu telah lunas.

4. Jangan mudah mengganti barang
Dalam hal ini, gunakan barang Anda seefektif mungkin. Jangan mudah membeli barang baru karena barang lama sudah bosan. Selama masih bisa dipakai, terus pakai hingga barang tersebut benar-benar rusak.

Jika barang itu sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi,  barulah Anda berpikir untuk membeli barang baru. Ingat, jangan membeli sesuatu menggunakan kredit.

5. Kerja sampingan
Jika gaji Anda sebagai karyawan dirasa masih belum bisa memenuhi kebutuhan Anda maupun keluarga, maka Anda bisa memilih untuk mencari kerja sampingan guna menambah penghasilan. Anda bisa mulai untuk mendirikan usaha kecil-kecilan, sekaligus investasi untuk Anda jika sudah pensiun nanti.

6. Menabung
Jika semua kebutuhan dan tanggungan sudah terbayar dan ternyata ada uang lebih pada gaji Anda, jangan berpikir bagaimana cara menghabiskannya, tapi berpikirlah untuk menyimpannya di tabungan. Ini lebih bermanfaat untuk masa depan ataupun saat ada kebutuhan darurat.

Demikian tips mengatur uang bagi karyawan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan, toko, dll, kini sudah tidak perlu lagi khawatir untuk kehabisan uang di pertengahan bulan. Karena, dengan menerapkan tips di atas, gaji Anda akan bertahan sampai akhir bulan, bahkan Anda masih bisa menabung. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.
Back To Top