Info Seputar Uang

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Menabung

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Menabung_Hidup kita tidak hanya tentang hari ini. Masih ada masa depan yang harus disiapkan. Menabung adalah salah satu cara terbaik untuk menyiapkan masa depan. Dengan menabung, berarti Anda sudah berinvestasi untuk menjamin kelangsungan hidup Anda di masa mendatang. Tapi terkadang menabung itu terasa susah. Banyak godaan-godaan dari luar yang bisa menggagalkan upaya kita untuk menabung. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips-tips mengatur keuangan agar bisa menabung dengan lancar.
Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Menabung
Tips menabung

1. Tetapkan nominal uang untuk ditabung setiap bulannya
Saat menerima gaji, biasanya orang langsung merasa banyak uang dan tergiur membeli ini itu. Tapi jika Anda ingin menabung, sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Langsung tetapkan berapa nominal yang harus ditabung dan usahakan konsisten setiap bulannya. Misalnya gaji Anda 3 juta, maka Anda bisa menetapkan 1 jutanya untuk ditabung dan sisanya dapat Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

2. Miliki dua rekening
Jika Anda memang berniat menabung. Sebaiknya pisahkan rekening tabungan Anda dan rekening untuk kebutuhan lain. Hal ini untuk menghindari uang tabungan Anda tidak sengaja terpakai jika rekeningnya disatukan. Juga jangan lupa untuk tidak menarik uang dari rekening khusus tabungan.
Atau Anda juga bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Bank yang memberikan layanan rekening khusus untuk tabungan. Rekening jenis ini hanya bisa diambil pada periode tertentu dan tidak akan mendapatkan potongan.

3. Bawa uang kecil di dompet
Saat keluar rumah untuk urusan ringan seperti hangout atau jalan-jalan, sebaiknya bawa uang receh saja. Ini akan membuat Anda membatasi pengeluaran. Dengan demikian, Anda tidak mengeluarkan banyak uang dan bisa menabung secara efektif.

4. Jangan membawa ATM
Sama seperti nomor 3, saat jalan-jalan ringan sebaiknya jangan membawa ATM karena bisa mendorong perilaku konsumtif yang akhirnya akan merogoh isi tabungan Anda. Tinggalkan saja ATM di rumah atau bawa saat benar-benar butuh.

5. Targetkan pengeluaran
Menarget pengeluaran juga sangat efektif untuk menghemat pengeluaran Anda. Misalnya Anda menarget pengeluaran maksimal 150 ribu rupiah per minggunya. Dengan begitu, mau tidak mau Anda harus bisa menekan setiap pengeluaran dan tentunya sisa uang Anda bisa digunakan untuk mempertebal rekening tabungan.

6. Mengikuti arisan
Dengan mengikuti arisan, Anda dipaksa menyisihkan uang untuk membayarnya. Saat gilirannya nanti dapat arisan, Anda dapat memasukkan uang tersebut ke dalam tabungan. Cara menabung dengan metode ini tergolong sangat efektif karena sifatnya yang sedikit dipaksa.

Selain bisa menabung, mengikuti arisan juga dapat menambah teman dan mempererat silaturahmi dengan sesama lewat kumpulan-kumpulan yang diadakan secara rutin.

7. Tidak menyepelekan koin
Banyak orang yang mengabaikan poin ini. Kebanyakan uang koin disepelekan keberadaannya, namun jika Anda benar-benar bisa memanfaatkannya, koin juga dapat memperbanyak tabungan Anda. Cukup simpan koin demi koin yang Anda dapatkan dari kembalian. Lama-lama jumlah koin ini akan semakin banyak dan dapat ditukar dengan pecahan yang lebih besar. Memang membiasakan hal tersebut tidaklah mudah, tetapi dengan niat dan motivasi yang kuat tidak ada yang tidak mungkin.

Jadi, setelah Anda membaca 7 poin tips untuk menabung diatas, tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung. Semua orang bisa menabung jika dia bisa mengelola uangnya dengan baik. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.
Back To Top