Info Seputar Uang

Cara Mengatur Keuangan bagi Wanita Single

Tips Mengatur Keuangan bagi Wanita Single_Secara finansial, keuangan para single cenderung lebih baik dan lebih leluasa. Namun, dengan bagusnya kondisi finansial ini, terkadang mereka terlena dan melakukan pemborosan karena tergiur dengan gaya hidup yang berlebihan Hal ini terutama, terjadi pada wanita single, berbagai tawaran belanja dan adu gengsi dengan teman terkadang malah menjadi media penghamburan uang yang sebenarnya tidak perlu. Jika Anda merupakan wanita berpenghasilan dan masih single, ada baiknya simak tips mengatur keuangan berikut ini, agar Anda masa depan Anda bisa lebih baik.
Cara Mengatur Keuangan bagi Wanita Single
Cara Mengatur Keuangan bagi Wanita Single

1. Jangan sampai tergiur tawaran belanja
Perempuan memang makhluk yang dikenal hobi belanja. Bahkan saking asiknya terkadang mereka sampai lupa waktu. Jika ingin kondisi finansial Anda teratur, tahan dulu keinginan Anda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Kalau pun memang sedang ada potongan harga, pikirlah matang-matang apakah yang Anda lakukan benar-benar aman untuk keuangan Anda.

2. Siapkan dana pensiun
Masa tua adalah masa untuk beristirahat, jika Anda memiliki dana untuk ini, maka masa tua Anda sudah terjamin dan sudah tidak usah berpusing-pusing lagi memikirkannya. Maka dari itu mulai sekarang alokasikanlah dana untuk hal ini.

Banyak cara yang dapat diikuti untuk menyiapkan hal ini. Seperti ikut program asuransi ketenagakerjaan, asuransi kesehatan, dan lainnya. Dengan demikian Anda sudah siap untuk menyambut masa tua nanti.

3. Siapkan dana beli rumah
Semua orang pasti menginginkan memiliki hunian sendiri termasuk Anda. Maka dari itu, masa-masa lajang ini adalah masa yang tepat untuk mengumpulkan dana demi beli rumah. Belum ada anak, belum ada keluarga yang harus ditanggung (kecuali memberi orang tua) tentunya memberi Anda keleluasaan dalam mengumpulkan dana ini.

Saat datang masanya nanti Anda bisa membeli rumah dengan dana ini. Kalau pun nantinya kurang, Anda hanya perlu menambah sedikit dan tentunya tidak memberatkan.

4. Atur budget bulanan
Karena statusnya masih lajang, mungkin pengeluaran Anda tidak akan sebanyak mereka yang sudah menikah dan punya anak. Nah, agar lebih tertata, buatlah data budget bulanan yang mengatur kebutuhan sehari-hari Anda hingga jangka waktu selama 1 bulan.

Catat juga kewajiban-kewajiban bulanan lain seperti air dan listrik. Jika setelah dihitung ternyata pengeluaran Anda terlalu besar dan tidak sesuai pemasukkan Anda, maka periksalah kembali. Mungkin gaya hidup Anda masih boros.

5. Hindari datang ke tempat yang berpotensi mengeluarkan uang
Tidak bisa dipungkiri seorang wanita muda sulit menahan pengeluaran uang di tempat-tempat tertentu, seperti toko, mall, ataupun tempat wisata. Untuk menghindari hal itu, cukup tahan diri Anda untuk tidak datang ke tempat-tempat tersebut. Tolaklah ajakan teman Anda.

Akan lebih baik jika waktu Anda dihabiskan di tempat yang bermanfaat dan tentunya gratis seperti perpustakaan, atau tempat ibadah.

6. Ingat untuk selalu menyiapkan dana darurat
Dana darurat umumnya dipAndang sebelah mata dan tidak banyak orang memikirkannya. Namun, percayalah, jika Anda benar-benar menyiapkan dana ini, beberapa momen dalam hidup Anda akan terselamatkan. Karena dana ini akan menolong Anda pada saat-saat darurat seperti saat sakit, atau hal-hal tak direncanakan lainnya.

Sisihkanlah beberapa persen penghasilan Anda demi dana ini, dan jangan sekali-sekali Anda mengambilnya selain benar-benar dalam keadaan darurat.

7. Siapkan dana nikah
Setelah melewati masa lajang, tentunya Anda akan melenggang ke pelaminan. Dalam fase ini, tentu diperlukan rencana keuangan yang matang. Cobalah untuk terbuka dengan pasangan dalam masalah keuangan. Diskusikan cara hidup kalian, gaya hidup, dan lain-lain agar tercipta masa depan rumah tangga yang baik.

Kehidupan awal rumah tangga terkadang sedikit tidak stabil. Namun, jika Anda punya dana ini, maka sedikit banyak akan menyelamatkan masa-masa awal pernikahan Anda.

Ingat, kesempatan hanya datang sekali. Apabila Anda adalah seorang wanita single berpenghasilan bagus, maka sudah saatnya untuk memperbanyak tabungan guna masa depan yang lebih baik. Semua laki-laki juga suka dan terkesan dengan wanita yang keuangannya tertata karena menggambarkan wanita tersebut punya pemikiran panjang dan berpotensi bagus untuk mengatur rumah tangga.
Back To Top